Dinas Kebersihan Depok Angkut Ratusan Ton Sampah Setelah Lebaran

Libur Lebaran yang panjang membuat tumpukan sampah rumah tangga bertebaran di mana-mana. Hal itu diakui oleh Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKUP) Kota Depok, Zamrowi saat ditemui usai apel pagi di Lapangan Balaikota Depok pada Senin (04/07/2014) pagi tadi.

Ia mengatakan, tumpukan sampah yang menggunung di sepanjang Jl. Dewi Sartika ini diakibatkan volume sampah yang meningkat sebanyak 20% menjelang dan pasca lebaran setiap tahunnya. “Sebenarnya pesapon ngga ada libur, kita tetep kerja setiap hari dan hanya libur saat idul fitri hari pertama dan kedua,” jelas Zamrowi.

Menurut Zamrowi, saat pasar rakyat digelar pada malam takbiran lalu, sebanyak 35 truk sampah dikerahkan, namun banyaknya volume sampah yang terus meningkat, membuat petugas kewalahan. Dalam sehari, petugas dapat mengumpulkan 400 ton sampah, namun dihari besar ini perolehan sampah meningkat.

“Saat-saat seperti ini kami menambahkan armada truk menjadi 67 unit dan di targetkan hari ini seluruh sampah yang ada dijalan akan diangkut untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Cipayung,” tambahnya.

Selain penambahan armada truk, DKUP juga menerjunkan sedikitnya 900-1000 petugas untuk mengangkut sampah yang diharapkan rampung hari ini.

sumber : www.depok.go.id