HPSN ” Deklarasi Pengurangan Sampah, Pemkot Depok Libatkan Peretail “

      Comments Off on HPSN ” Deklarasi Pengurangan Sampah, Pemkot Depok Libatkan Peretail “

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok semakin serius dalam menanggulangi persoalan sampah kantong plastik. Keseriusan tersebut juga dibuktikan dengan deklarasi pengurangan sampah yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dengan Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo).

“Hari ini kami berkomitmen untuk melakukan pengurangan sampah mulai dari rumah tangga. Pemkot bersama Aprindo juga melakukan deklarasi, untuk lebih menguatkan komitmen ini,” ujar Wali Kota Depok, Mohammad Idris, usai melakukan deklarasi yang dirangkai dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, Jumat (01/03/2019).

Dikatakannya, Pemkot Depok sudah memberikan arahan dan pedoman ke masyarakat untuk bisa mengolah sampah dengan baik. Caranya dengan memilah sampah menjadi dua kategori, yaitu sampah organik dan sampah non-organik.

“Komitmen yang kita bangun ini merupakan salah satu cara, untuk menanamkan kebiasaan baik yang harus dimulai dari diri sendiri. Kami juga mengimbau masyarakat untuk menggunakan plastik secara berulang-ulang. Lebih bagus lagi, berbelanja menggunakan tas daur ulang,” katanya.

Senada dengan itu, Kepala DLHK Kota Depok, Ety Suryahati mengatakan, pengurangan sampah plastik ini ke depan secara bertahap menjadi pelarangan penggunaan kantong plastik yang dapat mempengaruhi kondisi sampah sekarang.

“Ini masih uji coba dan setiap triwulan sekali akan kita lakukan evaluasi. Kita lihat selama setahun, kalau memang efektif, pengurangan ini nantinya akan ditingkatkan menjadi pelarangan total,” pungkasnya.