Sosialisasi Sekolah Berbudaya Lingkungan (Adiwiyata) tahun 2015

IMG_1073 IMG_1095 IMG_1101 IMG_1103

IMG-20150129-WA003

Sosialisasi Sekolah Berbudaya Lingkungan (Adiwiyata) tahun 2015

Sosialisasi Sekolah Berbudaya Lingkungan (Adiwiyata) tahun 2015 diselenggarakan pada tanggal 29 Januari 2015 bertempat di Aula Bappeda Gedung Dibaleka I lantai 3.

Sosialisasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warga sekolah akan upaya pelestarian lingkungan hidup menuju sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan ini dihadiri oleh sekolah-sekolah dari semua tingkatan, yaitu 5 sekolah dasar negeri dan swasta dari masing-masing perwakilan UPTD TK dan SD Dinas Pendidikan di 11 kecamatan, 10 sekolah menengah pertama dan 10 sekolah menengah atas dan kejuruan.

Hadir pada acara ini Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Depok H.Wijayanto,M.Si yang berkenan memberikan sambutan serta arahan bagaimana sebuah sekolah dapat menuju sekolah berbudaya lingkungan. H. Wijayanto, M.Si menambahkan bahwa kata kunci keberhasilan dalam mewujudkan sekolah berbudaya lingkungan (adiwiyata) yaitu dengan komitmen yang tinggi dari level pemegang kebijakan sekolah dalam hal ini yaitu kepala sekolah, kemudian perubahan perilaku ke arah yang lebih berbudaya lingkungan, serta didukung oleh SDM termasuk pendidik dan peserta didik yang mampu dan memiliki semangat dalam pengelolaan lingkungan.

Narasumber dalam sosialisasi ini yaitu DR.Nuruljannah dari Deputi VI Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. DR.Nurul pada kesempatan ini menerangkan bahwa untuk menuju Sekolah Adiwiyata, sekolah harus memiliki 4 komponen yang diuraikan menjadi 8 standar, serta diuraikan lagi menjadi 33 pencapaian.

Setelah materi sekolah berbudaya lingkungan (adiwiyata) tersosialisasikan kepada sekolah-sekolah khususnya sekolah yang belum pernah mengikuti program Sekolah Berbudaya Lingkungan (Adiwiyata), tahapan selanjutnya yaitu seleksi sekolah berbudaya lingkungan (adiwiyata) tingkat Kota, tingkat Provinsi, serta tingkat nasional.