Pemkot Depok Raih Penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah

      Comments Off on Pemkot Depok Raih Penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah

Upaya menekan produksi sampah yang terus digencarkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Kesuksesan dalam mengurangi sampah rumah tangga dan pasar membuat Pemkot Depok mendapat penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah yang diserahkan langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK) Republik Indonesia (RI).

“Alhamdulillah, awal tahun ini Kota Depok menjadi salah satu dari 11 kota/ kabupaten yang berhasil menyabet penghargaan kinerja pengurangan sampah dari Kementerian LHK. Ini merupakan bentuk apresiasi atas kinerja kita, terhadap upaya pengurangan sampah,” ujar Kepala DLHK Kota Depok, Etty Suryahati, di ruang kerjanya, Jumat (25/01/19).

Dikatakannya, penghargaan diberikan bagi kota/kabupaten yang berhasil menunjukkan kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan serta program kerja. Terutama untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup di daerah masing-masing.

“Ini merupakan kategori baru dalam Adipura atas konsentrasi dan aksi kabupaten/kota dalam mengurangi sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Yang kami lakukan salah satunya adalah pengelolaan sampah dengan metode Reuse, Reduce, Recycle (3 R) berbasis masyarakat, serta pembentukan bank sampah di setiap wilayah,” katanya.

Selain Kota Depok, lanjut Etty, Kementerian LHK juga memberikan penghargaan kepada Kota Surabaya, Jakarta Barat, Bandung, Malang, Padang, Cimahi, Bogor, Balikpapan, Banjarmasin dan Makassar.

“Mudah-mudahan melalui penghargaan ini, bisa memacu semangat kita untuk terus melakukan pengurangan sampah. Ke depan kami juga akan menggandeng retail modern untuk ikut berkontribusi, agar sampah yang masuk ke TPA Cipayung, jumlahnya bisa kita tekan,” pungkasnya.