Pencanangan Arboretum Indonesia di SMAN 10 Kota Depok

Wali Kota Depok Nur Mahmudi Isma’il meresmikan taman arboretum Indonesia pertama di Kota Depok.  Peresmian dilakukan di SMA Negeri 10 Depok, Curug, Sawangan pada Sabtu (13/09/2014).

Walikota Resmikan Taman Arboretum

Walikota Resmikan Taman Arboretum

Acara yang bertajuk together we save the earth with plantation ini, merupakan hasil kerjasama Corporate Social Responsibility (CSR) Mitsubishi Electric dengan Pemerintah Kota Depok. Nampak hadir Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Herry Pansila, Kepala Badan Lingkungan Hidup H. Wijayanto, Director of Asia Corporate Office Mitsubishi Group, Direktur Mitsubishi Indonesia dan karyawannya.

Rencananya di SMAN 10 Depok akan ditanam 5000 pohon dengan 24 jenis tanaman di lahan seluas 6000 meter persegi.  Pemkot Depok berusaha keras memperluas lahan Ruang Terbuka Hijau (RTH). “Semoga dengan diresmikannya taman arboretum ini warga Depok dapat memanfaatkannya secara langsung untuk pendidikan, konservasi, serta wisata,” ujar Nur Mahmudi sesaat setelah peresmian dilakukan.

Taman arboretum sendiri merupakan tempat berbagai pohon ditanam dan dikembangbiakkan untuk tujuan penelitian atau pendidikan yang tanamannya berasal dari keanekaragaman hayati Indonesia. Arboretum Depok akan ditanami berbagai jenis tanaman seperti damar, kesemek, jamblang, gaharu, cendana, dan dukuh.

Sementara itu, managing director Mitsubishi Electric Asia Pasific Mr. Minoru Hagiwara menyebutkan kegiatan penanaman pohon yang dilakukan Mitsubishi hari ini bukan yang pertama kalinya. Mitsubishi electric selalu berupaya melestarikan lingkungan, dan untuk kegiatan tree planting hari ini sudah masuk yang ke 5 kali.  “Saya sangat apresiasi atas kerjasama yang baik dari Pemkot Depok guna suksesnya acara hari ini,” kata Mr. Minoru dalam bahasa Jepang.

Selain penanaman 5000 pohon, CSR Mitsubishi Electric juga memberikan donasi berupa alat kebersihan dan kebutuhan sekolah lainnya kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Harry Pansila yang didampingi oleh Kepala SMAN 10 Depok.

Pemkot Depok menargetkan 14 lokasi yang akan dijadikan taman arboretum. Dengan adanya penanaman dan peresmian taman arboretum ini diharapkan adanya semangat konservasi bagi lingkungan.

sumber : depok.go.id