Pentingnya Pengolahan Sampah

      No Comments on Pentingnya Pengolahan Sampah

http://www.depok.go.id/berkas-unggah/2014/12/olah-sampah.jpg

 

Sejalan dengan Perda Nomor 5 tahun 2014 tentang pengelolaan sampah, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok mewajibkan kepada seluruh warga Depok untuk memilah sampah di lingkungan rumah, karena kalau tidak diolah akan banyak dampak negatif yang diterima oleh masyarakat. Hal tersebut dikatakan oleh Wijayanto saat memberI materi dalam pelatihan kader dan sosialisasi Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) di Aula Kecamatan Beji.

Wijayanto menjelaskan masyarakat akan merasakan beberapa dampak negative apabila sampah tidak dikelola sedari rumah masing-masing, dampak tersebut antara lain sampah akan menjadi media penularan penyakit, pencetus pencemaran udara-air-tanah, penyumbatan drainase yang berakibat banjir, gangguan kenyamanan, penurunan nilai budaya/martabat manusia, serta bisa berakibat biaya ekonomi yang tinggi.

“Dari dampak-dampak negatif tersebut, padahal apabila sampah diolah dapat bernilai ekonomi tinggi,” ujar pria yang akrab disapa Wijay itu, pada Selasa (9/12/2014).

Guna menyukseskan program pemilahan sampah di masyarakat tentu yang harus diperhatikan ialah perubahan perilaku dan pola konsumsi masyarakat. Karena dengan perubahan perilaku akan tertanam dengan kuat di diri masing-masing bahwa persoalan sampah bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota (Pemkot) namun perlu peran serta warga dalam mengolah sampah di setiap tempat tinggal.

Selain itu, Wijayanto menjelaskan bahwa peran perilaku dan partisipasi masyarakat jauh lebih penting dalam memelihara kebersihan lingkungan dibanding persoalan kelengkapan sarana, dan tanpa tindakan nyata sarana selengkap apapun tidak akan mampu berfungsi untuk mewujudkan kebersihan lingkungan.